Dekan FISIP Unpas Budiana Terpilih sebagai Ketua Umum KONI Jabar Periode 2022 – 2026

Budiana unggul diputaran kedua pemilihan Ketua Umum KONI Jabar.

LOVEBANDUNG.com : DR. Muhammad Budiana, S.IP, M.Si, terpilih sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat untuk masa bakti 2022-2026 pada Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) Jawa Barat XIV yang digelar di Hotel Grand Asrilia, Kota Bandung, Kamis 22 – Jumat 23 Desember 2022.

Budiana terpilih pada putaran kedua setelah  unggul suara dari dua kandidat yakni, Daud Ahmad, dan Arif Prayitno. Dalam perebutan 100 suara yang berhak memilih, pada putaran pertama, Budiana berhasil memperoleh 45 suara, Daud Ahmad 40 suara, dan Arif Prayitno 13 suara.

Karena tidak ada yang meraih 50 peraen suara plus satu, maka dilakukan pemungutan suara putaran kedua yang diikuti Budiana dan Daud Ahmad. Dalam putaran kedua ini, Budiana berhasil meraih suara sebanyak 52 dan dan Daud Ahmad 48.

Raihan suara tersebut, Budiana ditetapkan sebagai Ketua Umum KONI Jawa Barat empat tahun ke depan. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pasundan (Unpas) Bandung itu bukan orang baru di dunia olahraga Jawa Barat. Sebelumnya ia menjabat sebagai Ketua Harian KONI Jawa Barat periode 2019-2022. Saat menjabat sebagai Ketua Harian KONI Jawa Barat, Budiana mampu mengantarkan Jabar sebagai juara umum PON XX 2021 di Papua.

“Terima kasih kepada semuanya, dan tim pendukung yang bahu membahu hingga terpilih sebagai Ketua Umum KONI Jawa Barat,” kata Budiana usai mengantongi suara terbanyak.

Budiana mengungkapkan, pemilihan ini menjadi awal bagi KONI Jawa Barat dalam menghadapi tantangan yang berat di depan mata.

“Karena itu, dalam kepengurusan baru ini akan menitik beratkan pada enam langkah strategis. Di antaranya memperkuat dan meningkatkan tata kelola organisasi olahraga di Jawa Barat secara terintegrasi dan professional,” ungkapnya.

Lebih lanjut kata Budiana, sasarannya menyatukan segenap kekuatan potensi olahraga di Jawa Barat. Selain itu akan menggerakkan komitmen untuk memajukan olah raga di Jawa Barat, mengkoordinasikan babak kualifikasi di PON Tahun 2023.

Selanjutnya sambung Budiana, mempertajam pembinaan dan meningkatkan prestasi dalam rangka mempertahankan juara umum pada PON XXI/2024 di Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Utara. Dan terakhir mengoordinasikan penyelenggaraan pelaksanaan babak kualifikasi pada tahun 2025 dalam rangka pelaksanaan Pekan Olah Raga Provinsi Jawa Barat 2026.

“Tantangan kita ke depan sangat berat. Kita akan menghadapi PON XXI dengan target mempertahankan gelar juara umum,” ungkap Budiana. (lvb)

Share