Cerita Menlu Jadi Model di Istana Berkebaya

LOVEBANDUNG.com : Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menceritakan pengalamannya menjadi model pada acara Istana Berkebaya. Ia mengaku senang bisa berpartisipasi dalam acara yang dilaksanakan di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (6/8/2023).

“Hari ini senang banget karena untuk pertama kalinya saya jadi model. Biasanya lari sehari 11 kilometer, hari ini berjalan di atas catwalk 200 meter,” kata Menlu.

“Makanya, karena biasa lari, jalannya akhirnya sering kebablasan, orang yang belakang masih jauh, balik lagi akhirnya. Akan tetapi, it’s fun, menyenangkan,” ujarnya.

Menlu menyampaikan, pesan dari acara ini adalah mengenai kebaya sebagai warisan budaya Indonesia. Meski temanya adalah adat Betawi, menurutnya dari segi warna sangat apik dan berbagai macam.

“Jadi, mari kita lestarikan kebaya dan kita pakai kebaya sebanyak mungkin. Ya dalam okasi (occasion/kesempatan) di mana pun saya kira kita bisa pakai kebaya,” ucapnya.

Ia menyebut kebaya yang ia gunakan diberikan panitia acara. Menurutnya, persiapan dirinya sebagai model dalam acara ini hanya sekitar 15 menit.

“Waduh aku cepat semua 15 menit, syut langsung. Sudah dijahit, hari Jumat kebayanya sudah jadi,” katanya.

“Kita pas, ternyata sudah pas, langsung dipakai. Ini dikasih panitia. Tapi cantik ya, (tadi juga) pakai payung,” kata Retno.

Selain Retno, sejumlah menteri dan wakil menteri wanita di Kabinet Indonesia Maju (KIM) juga turut melakukan peragaan bisana. Termasuk para istri menteri yang tergabung dalam OASE (Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja Indonesia Maju) KIM.

Mereka diantaranya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, hingga Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah. Selanjutnya Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo.

Semuanya kompak mengenakan Kebaya Encim Betawi dengan atasan putih bermotif bunga. Dengan lugas dan anggun, mereka kompak melakukan catwalk didepan para hadirin yang hadir, termasuk Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. (rri)

Share