Kampung Sunda Laksana Ibun Jaga Nilai Kearifan Lokal

LOVEBANDUNG.com : Bupati Bandung Dadang Supriatna melakukan ground breaking ceremony Pengembangan Kampung Sunda di Desa Laksana, Kecamatan Ibun, Kamis 12 Oktober 2023, dihadir Kadisperkimtan Wahyudin, Perwakilan Kejari Kabupaten Bandung, Forkopimcam Ibun, Pihak pengembang CV Zipam Tri Perkasa, Tokoh Agama dan Budaya, Tokoh pemuda, Pemdes Laksana dan unsur lainnya.

Bupati Dadang Supriatna menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi yang tinggi atas dimulainya pembangunan Kampung Sunda, Desa Laksana Kecamatan Ibun, diharapkan mampu menjadi filter dalam menjaga nilai-nilai kearifan lokal dan kebiasaan yang telah tumbuh, hidup dan berkembang di masyarakat sunda agar tetap lestari dan tidak hilang.

“Karena nilai, tradisi, adat istiadat, budaya yang tumbuh pada suatu masyarakat pada dasarnya juga menjadi aset atau modal sosial yang penting dalam rangka memberdayakan masyarakat demi mewujudkan Kabupaten Bandung yang semakin bangkit, edukatif,  dinamis agamis dan sejahtera,” ungkapnya.

Dalam hal ini, kata Kang DS sapaan akrab Dadang Supriatna mengatakan Pemkab Bandung telah menetapkan program prioritas salah satunya melalui pemberlakuan muatan lokal pendidikan bahasa dan budaya sunda di tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Bandung.

“Saya tentunya mengharapkan langkah tersebut diikuti oleh seluruh komponen pembangunan masyarakat kabupaten bandung, bagaimana kita bersatu dan bersinergi dalam menjaga dan melestarikan budaya dan kearifan lokal agar memberikan kontribusi positif terhadap upaya pencapaian kesejahteraan yang kita lakukan melalui berbagai aktivitas pembangunan,” tuturnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kabupaten Bandung ini berharap adanya kerjasama yang baik dari berbagai pihak demi kelancaran program proyek pembangunan pengembangan Kampung Sunda.

Ke depannya Kang DS berencana untuk membuat Desa Laksana sebagai desa wisata yang bisa menarik para wisatawan domestik hingga mancanegara.

“Semoga kampung Sunda nantinya bisa dilirik dari berbagai daerah, wilayah dalam negeri dan luar negeri, tentu akan meningkatkan perekonomian  Kabupaten Bandung, khususnya Desa Laksana,” ujarnya. [buy]

Share